Saturday, January 14, 2017

Cara Back Up Data Android Tanpa Aplikasi

Cara Backup Data Android - Tidak hanya sebagai alat komunikasi, namun Android kerap kali dijadikan sebagai media penyimpanan file atau pun data, sehingga bisa dikatakan sebagai pengganti Flashdisk. Selain itu, dengan kapasitas Memori yang dimiliki nya, dapat menampung ribuan musik dan video, dan tentu saja tidak perlu membeli alat player lainnya. Nah maka dari itu, kita harus menjaga memori di Android agar tetap terjaga dan tidak rusak maupun eror.


Tidak bisa di pungkiri semua barang atau mesin pasti dapat mengalami kesalahan/kerusakan. Entah itu rusak karena sudah berumur, rusak akibat faktor pengguna. Maka dari itu, sebagai pengguna harus melindungi data-data penting di Android tersebut, salah satunya dengan backup data android yang tersimpan di memori sd card atau telepon. Untuk melakukan backup file android, terdapat beberapa cara seperti, menyimpan di komputer, flashdisk dan bisa juga menggunakan penyimpanan online seperti google drive.

Dalam upaya backup data Android, sebaiknya memang prioritaskan dahulu yang paling penting, seperti halnya Dokumen, Foto, Musik dan Video favorit. Kebanyakan orang melakukan back up pada Laptop/Komputer, tapi Laptop/Komputer pun sewaktu-waktu bisa mengalami kesalahan ataupun kerusakan, maka dari itu saya membuat tutorial cara back up agar dokumen penting anda lebih aman dengan akun google anda.

Cara Back Up Data Android Tanpa Aplikasi


Selain membackup file tadi, Anda juga harus menyalin data lain, seperti Kontak nomer, SMS, atau sebangsanya. Untuk backup yang satu ini caranya berbeda dengan sebelumnya, Anda bisa menggunakan media online yaitu memanfaatkan fitur Google Back Up. Fitur ini telah tersedia di semua Smartphone Android, jadi Anda tinggal mengaktifkan fitur tersebut. Adapun caranya, simak sebagai berikut :

- Pada menu Setting – Personal (Akun dan keamanan) selanjutnya pilih Back Up and Reset (Cadangan & Setel Ulang)
- Centang pada bagian Back Up and Restore (Cadangkan Data & Pemulihan Otomatis)
- Kembali ke menu Setting, lalu pilih Personal.
- Pilih Account and Sync (Akun dan Sinkronisasi), masukan akun Google yang Anda gunakan pada perangkat Android ( Lebih enak pakai Google Drive).
- Lanjutkan proses sinkronisasi dengan Google Back Up.
- Kemudian Anda akan melihat daftar data yang akan disinkron kan.
- Pilih data yang akan dibackup atau bisa dengan backup semua data sekaligus.

Baca Juga: 3 Aplikasi Kalender Android Terbaik yang Gratis

Inilah cara back up data Android, ini berfungsi untuk menjaga dokumen-dokumen penting anda agar tidak hilang ketika Handphone Rusak. Jangan lupa ingat Email & Password akun Google anda. Semoga bermanfaat buat kalian Readers. Semoga bermanfaat :)


EmoticonEmoticon